Telah disebutkan dalam kitab
Shohih Muslim sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidina Abu Musa RA,
beliau bercerita:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNseZRRco3dHiMB4DFA9nqnI3MSi1wp7kKKv5WTWixjXPiFKVo1gWWC997LfJ92xRS9Xc0ChS7s8rOZz91-g5AFbpgjYyAxdS5_vmESLf2M3KcwC8bkK6RZsrmZX906jcgQbqanqReLTxy/s320/nisfu-syaban.jpg)
Imam Al-Munawi berkata: Arti
pelaporan amal perbuatan manusia yang terkandung dalam hadits di atas adalah:
dilaporkannya amal perbuatan siang hari di permulaan malam yang tiba
setelahnya, dan dilaporkannya amal perbuatan malam hari pada permulaan siang
hari yang jatuh setelahnya. Karena sesungguhnya para malaikat yang tugasnya
berjaga akan naik di saat permulaan siang hari dengan membawa laporan amal
perbuatan malam hari ketika telah berakhir, begitu pula mereka akan naik di waktu
permulaan malam hari dengan membawa laporan amal perbuatan siang hari.
Demikian itu Imam Al-Munawi
mengisyaratkan pada sebuah hadits yang termaktub dalam kitab Shohihain dari
riwayat Sayyidina Abu Huroiroh RA.
“RosuuluLLooh SAW bersabda: “Telah bergantian para malaikat (pencatat
amal perbuatan) di malam hari dengan malaikat pencatat amal perbuatan di siang
hari. Mereka berkumpul di saat sholat shubuh dan sholat ashar, maka para
malaikat yang semalaman dengan kalian akan naik. Lalu ALLooh (Tuhan mereka)
bertanya, dan Ia adalah Maha Mengetahui; “Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku di
saat sedang engkau tinggalkan dan di saat engkau sedang datang kepadanya? Para
malaikat itupun menjawab: Aku tinggalkan mereka sedang dalam keadaan melakukan
sholat dan di saat aku datang pun mereka juga sedang dalam keadaan sholat.”
Imam Al-Mundziri dalam kitab
At-Targhib berkata: Hadits tersebut di atas juga diriwayatkan oleh Imam Ibnu
Huzaimah dalam kitab shohihnya. Adapun lafadz di sebagian riwayatnya adalah:
“Para malaikat (yang bertugas menulis amal perbuatan manusia) di waktu
malam dan di waktu siang berkumpul di waktu sholat shubuh dan sholat ashar. Mereka
berkumpul di waktu sholat shubuh, kemudian malaikat yang bertugas di waktu
malam hari naik, sedangkan malaikat yang bertugas di waktu siang hari
menjalankan tugasnya. Dan mereka berkumpul di waktu sholat ashar, kemudian
malaikat yang bertugas di waktu siang hari naik, sedangkan malaikat yang
bertugas di waktu malam hari menjalankan tugasnya. Lalu Tuhan mereka bertanya
kepada mereka: Bagaimanakah keadaan hamba-hamba-Ku saat kalian tinggalkan? Lalu
mereka menjawab: Ketika kami mendatangi mereka sedang sholat, dan ketika kami
meninggalkan mereka, mereka juga sedang sholat. Mohon engkau berkenan
mengampuni mereka kelak di hari pembalasan.”
Wahai saudaraku seiman, camkanlah pada diri kita bahwa kita selalu
disertai oleh para malaikat, baik di waktu malam maupun di waktu siang yang
terus-menerus memantau amal perbuatan kita, lalu dilaporkan kepada ALLooh Dzat
Yang Maha Agung.
No comments:
Post a Comment